4 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Bercabang

Rambut yang sudah bercabang dan rontok merupakan rambut yang sudah rusak. Apalagi kalau rambut sudah melalui banyak proses seperti pewarnaan, catokan, dan perawatan lainnya. Mahkota yang seharusnya bisa tampil cantik dan sehat, menjadi tidak karuan. Oleh karena itu, simak informasi berikut mengenai cara mengatasi rambut rontok yang bercabang.

1.  Menggunakan Sampo Khusus

Rambut yang bercabang merupakan rambut yang sudah rusak. Apalagi rambut juga sering mengalami kerontokan. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong bagian rambut yang rusak. Apabila rambut bercabang hanya sedikit pada ujung rambut, potonglah pada bagian cabangnya saja.

Apabila sudah terpotong semua, Anda bisa keramas menggunakan sampo khusus yang ditujukan untuk rambut rusak. Pasalnya, di dalam sampo yang ditujukan untuk rambut rusak mengandung berbagai macam kandungan baik dari segi bahan kimia maupun bahan alami yang diformulasikan khusus untuk membantu mengatasi dan menjaga kesehatan rambut rusak.

2.  Menggunakan Kondisioner

Pada saat Anda belanja bulanan seperti sampo maupun kondisioner di supermarket atau tempat lainnya, usahakan untuk memilih kondisioner yang khusus ditujukan untuk rambut rusak juga. Anda harus menggunakan kondisioner setelah menggunakan sampo saat keramas. Pasalnya, busa sampo terutama sampo yang bukan untuk rambut rusak, dapat menyebabkan rambut cepat kering.

Apabila sudah kering, biasanya menyebabkan semakin rusak bahkan patah. Oleh karena itu, upayakan menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembutan rambut, menutrisi rambut agar tetap terjaga warnanya hingga bisa menutrisi batang hingga ke akar rambut. Jangan lupa untuk mengecek kandungan yang ada di kemasan seperti vitamin A, vitamin B, protein maupun zinc.

3.   Menggunakan Masker Rambut

Selain menjaga kecantikan rambut, masker rambut juga bisa digunakan sebagai perawatan tambahan dalam menjaga kesehatan rambut yang sudah rusak. Ada berbagai macam masker rambut yang bisa Anda gunakan. Namun, pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan alami yang berkhasiat seperti mengandung lidah buaya, madu, yogurt, alpukat, minyak kemiri, sari lemon, minyak geranium maupun ginseng.

4.             Menggunakan Tonic

Langkah atau upaya lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan hair tonic. Hair tonic dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan juga rambut bercabang. Hal ini dikarenakan dalam hair tonic mengandung vitamin E, etanol, vitamin B2, menthol, propilen glikol, asam laktat, hidroklorida, giberelin, minyak esensial lavender, minyak esensial clary sage, minyak esensial cedarwood, minyak esensial rosemary, minyak esensial thyme serta air.

Adapun cara penggunaan hair tonic ini bisa Anda lakukan dengan cara langsung menuangkannya perlahan ke kepala maupun dengan cara menyemprotkan ke kulit kepala. Hair tonic yang memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan ini, bisa digunakan setelah keramas dengan cara melakukan pemijatan.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bercabang. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi terutama protein agar kesehatan rambut juga ikut terjaga.