Tips Jitu Agar Liburan Bersama Keluarga Jadi Lebih Menyenangkan

Tips Jitu Agar Liburan Bersama Keluarga Jadi Lebih Menyenangkan

Liburan tentu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi jika kamu punya kesempatan untuk berlibur bersama dengan keluarga, pasti seru banget. Karena selain bisa menyegarkan pikiran dari segala kepenatan aktivitas sehari-hari, kamu juga mendapatkan waktu khusus untuk quality time bersama dengan keluarga. Dan untuk anak-anak, berlibur bersama keluarga juga memiliki dampak yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Di balik keseruan itu, ada cukup banyak hal yang wajib kamu persiapkan agar liburan kamu dan keluarga bisa berjalan lancar dan menyenangkan. Apa saja? Simak penuturannya di sini.
1. Lakukan persiapan dari jauh-jauh hari
Saat kamu liburan sendiri atau bersama teman-teman saja lebih baik kamu mempersiapkan segalanya dengan matang, terlebih bersama keluarga. Di sini kamu bisa memberikan waktu untuk anggota berkeluarga diskusi mengenai perjalanan. Mulai dari destinasi wisata, hotel yang dipilih, sampai harga tiket pesawat.
Berhubung kamu berlibur dengan seluruh anggota keluarga, jadi bujet yang harus kamu keluarkan untuk tiket pesawat pun akan jadi cukup besar. Jadi alangkah lebih baiknya jika kamu kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket, karena tiket pesawat turun jam tertentu. Hal ini bisa sangat berguna untuk menekan bujet liburan kamu.
2. Membuat itinerary
Jadwal atau itinerary menjadi sebuah hal yang diperlukan saat kamu sedang berlibur. Karena dengan adanya itinerarykamu jadi tahu apa saja yang akan kamu lakukan hari itu, tempat mana saja yang kamu kunjungi, dan seberapa kamu bisa menghabiskan waktu di suatu tempat. Tidak perlu terlalu detail saat menyusunnya, yang penting kamu tahu garis besar kegiatan yang akan anda lakukan bersama keluarga.
3. Persiapkan kebutuhan anak
Apabila anak Anda masih berusia bayi atau balita, akan ada saat di mana mereka akan rewel. Biasanya, penyebabnya berhubungan dengan kebutuhan biologis, misalnya mengantuk, lapar, atau ingin buang air.
Sebagai orang tua, kamu tentu sudah hafal dengan segala kebutuhan biologis anak, bukan? Maka dari itu, lakukan antisipasi agar liburan keluarga kamu tidak terganggu dengan tangisan Si Kecil.

Simpan susu di bagian tas yang mudah terjangkau agar kamu bisa segera memberikannya kepada anak. Atau bagi anak yang sudah terbiasa buang air di toilet, kamu bisa sering-sering menanyakan kepadanya apakah ia butuh untuk ke toilet.
4. Cari lokasi wisata yang gratis
Untuk menekan bujet, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Banyak museum maupun taman bermain di dalam maupun yang bisa Ibu dan keluarga kunjungi secara gratis. Selain memberikan anak banyak pengetahun dan wawasan baru, hal ini juga bisa membantu kamu untuk menekan pengeluaran. Cari tahu terlebih dahulu mana yang paling menyenangkan dan sesuai dengan usia Si Kecil.
5. Pastikan membawa uang tunai yang cukup
Teknologi zaman sekarang memang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi pembelian secara cashless. Namun, membawa uang tunai tetap tidak boleh dilupakan, apalagi saat kamu sedang berlibur. Lagipula, tidak semua toko menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.
Selain itu, membawa uang tunai juga memungkinkan kamu untuk mengatur pengeluaran selama liburan, karena kamu bisa langsung melihat jumlah uang yang tersisa. Dengan begitu, kamu akan berpikir dua kali sebelum membelanjakan uang tunai tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berlibur bersama keluarga. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *